Assalamu’alaikum….
ingatlah sahabat , bahwa diam atau tidak banyak bicara merupakan sikap yang bijaksana dalam menjaga keselamatan diri dari perbuatan munkar atau pembicaraan tak ada guna. sering sekali terjadi pertengkaran , perdebatan, pembunuhan sampai peperangan yang diakibatkan oleh lisan. sebab ketajaman lidah itu melebihi ketajaman pedang.
meskipun diam itu tampak ringan, tetapi sedikit sekali orang yang mampu untuk melaksanakannya, apalagi bagi orang yang suka ngomong. sebagaimana dijelaskan Rasulallah dalam sabdanya yang berati “diam adalah kebijaksanaan dan sedikit orang yang mapu melakukanya”
karna menjaga lisan lebih berat dibandingkan menjaga uang… karna diam adalah satu akhlaq yang baik seperti sabda rasulallah yang berarti ” diam adalah akhlaq yang terbaik, barang siapa yang suka humor maka ia akan disepelekan”
karna itulah rasulallah untuk mendekatkan orang yang  lagi berwibawa sebab dia akan mengajarkan berbagai hikmah dan keutamaan , hikmah itu banyak ditemukan pada orang yang diam lagi berwibawa.
“sesungguhnya lisan seorang mukmin itu berasa dibelakang hatinya, apabila hendak berkata sesuatu ia mempertimbangkankan dengan hatinya, ada pun lisan orang munafik itu ada didepan hatinya apabila hendak berkata atau ingin melakukan sesuatu dengan lisan nya tanpa mempertimbangkan dengan hatinya”
KEUTAMAAN BERSIKAP DIAM

* mengurangi bencana akibat terpelesetnya lisan
*dihargai orang lain
*keselamatan dalam agama
*allah menutupi aibnya maksudnya allah akan menutupi aib atau kecacatan orang diam dan tidak banyak bicara karena dengan diam berari ia telah menutupi aib orang dengan tidak membicarakan, mengguncing, merendahkan atau lain nya.
*disukai Allah , karna Allah mennyukai orang diam lagi berwibawa