Menyusui bayi untuk pertama kalinya merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan, seru atau menakutkan bagi seseorang yang baru menjadi orangtua. Tapi kenapa setelah menyusui bayi harus bersendawa?

Sendawa pada bayi merupakan suatu hal yang penting, karena dengan bersendawa bisa membantu mengeluarkan udara yang terikut masuk ke perut bayi saat menyusui. Jika bayi tidak bersendawa setelah menyusui maka udara yang masuk bisa menyebabkan bayi muntah, mudah tersedak dan pada beberapa bayi bisa menyebabkan kembung.

Gas di dalam perut bayi juga bisa menimbulkan kolik (sakit perut) yang menyebabkan bayi menangis terus menerus akibat rasa sakit dan membuat rasa tidak nyaman pada perut bayi. Sementara itu saat bayi menangis, secara tidak langusng gas akan masuk kembali ke dalam perut bayi yang semakin membuatnya tidak nyaman.

Ketika ingin membuat bayi bersendawa, cobalah untuk menepuk-nepuk lembut punggung bayi secara berulang dan untuk mencegah adanya cairan yang keluar cobalah untuk meletakkan alas dada atau handuk kecil di bawah dagu bayi atau di pundak ibu.

Jika bingung bagaimana memegang bayi agar bisa bersendawa, bisa ikuti metode berikut seperti dikutip dari Kidshealth, Selasa (24/11/2009):

Ibu duduk dengan posisi tegak dan gendong bayi pada dada.
Letakkan dagu bayi pada bahu ibu dan pegang kepala sang bayi dengan satu tangan.
Tangan lainnya menepuk lembut punggung bayi secara berulang-ulang.

Jika bayi mulai rewel atau menangis saat sedang menyusui, maka hentikan sebentar. Buatlah bayi bersendawa lalu ganti posisi dan bisa menyusui kembali. Usahakan setiap bayi mengonsumsi 60 sampai 90 mililiter susu, bayi disendawakan agar tidak terlalu banyak gas yang masuk. Jika bayi cenderung mudah kembung maka cobalah untuk bersendawa setiap 5 menit menyusui.

Untuk bayi berusia 6 bulan pertama, cobalah menunggu bersendawa selama 10 sampai 15 menit sambil bayi tetap ditegakkan. Karena jika bayi tidak bersendawa maka memungkinkan susu yang telah diminum tadi keluar kembali (muntah).

Ketika bayi sudah semakin besar atau lebih dari 1 tahun, orangtua tidak perlu khawatir jika bayinya tidak bersendawa setelah menyusui. Karena ini berarti bayi telah bisa belajar untuk makan tanpa menelan udara yang berlebih
(ver/ir)