“Jagalah Amanah Mu”

Manusia dan Tanggungjawab

 

Amanah merupakan sebuah perintah yang di berikan orang lain kepada kita, tentunya orang yang telah mempercayai diri kita sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan amanah tersebut , untuk di jaga dan di sampaikan kepada orang yang di tuju untuk kita menyampaikannya, tentunya dengan penyampaian yang sesuai dengan apa yang di perintahkan orang yang menyurh kita untuk menyampaian Amanah tersebut.

Untuk menjaga amanah dari orang lain tentunya diperlukan rasa tanggungjawab dari diri kita untuk menjaga segala rahasia dari amanah yang telah kita berikan tersebut. sesungguhnya insane yang terpuji tentu haruslah menjaga amanah yang diberikan orang lain dengan sebaik-baiknya cara. Rasa tanggungjawab yang kita miliki tentunya haruslah dihiasi dengan ahlak dan sikap yang baik untuk menjaga amanah tersebut.

Amanah memiliki banyak bentuk, ada amanah yang diberikan orang lain kepada kita untuk menjaga dan menyampaikan nya kepada orang lain, yang bisa berbentuk penyampaikan kata-kata, barang dan jasa. Ada pula amanah yang harus kita kerjakan, dalam hal ini mengerjakan sebuah kegiatan, amanah ini merupakan amanah nasihat sekaligus amanah yang sangat baik bagi diri kita sendiri tentunya.

Insan yang baik tentunya akan selalu menjaga amanah yang telah diberikan oelh orang lain untuk sebaik-baiknya kita sampaikan dan kita kerjakan, karna dari amanah tersebut, pastilah terdapat banyak faedah atau pelajaran yang bisa kita dapat, disamping itu kita bisa mendapatkan banyak manfaat darinya. Sesungguhnya amanah itu merupakan tanggungjawab yang amanat besar, karena apa yang telah saudara kita titipkan tentunya sangatlah penting bagi dirinya dan tentunya ada amanh yang penting bagi diri kita. Tentunya amanah tersebut langsung kita pertanggungjawabkan kepada Allah Jalla Wa’alla. Maka dari itu hendaknya kita selalu menjaga dan bertanggungjawab dengan amanah yang telah diberikan tersebut. “semoga bermanfaat. Wallahu Ta’alla A’lam”.

Sumber : http://akhman.wordpress.com