Sekarang saya akan memberikan beberapa tips singkat dalam merawat keyboard laptop agar dapat bertahan lama. Keyboard di perangkat laptop tidak persis sama dengan keyboard pada umumnya. Keyboard di leptop sedikit lebih rentan dan merepotkan apabila terjadi kerusakan. Jika terjadi kerusakan kecil atau pada sebagian tombol saja, Anda harus mengganti keyboard laptop secata keseluruhan! Biaya yang dikeluarkan tentunya akan sedikit tinggi. Berikut ini 4 tips singkat untuk merawat keyboard laptop Anda.

1. Memakai Keyboard Protector

Pakailah keyboard protector, terutama jika Anda memiliki laptop baru. Biasanya keyboard protector berbahan karet. Keyboard protector ini dapat menjaga agar tombol-tombol keyboard tetap bersih dan mencegah masuknya kotoran dari luar ke dalam sela-sela keyboard. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu tidak semua laptop direkomendasikan memakai keyboard protector karena sistem pendinginnya mengambil udara dari sela-sela keyboard. Dalam kasus terburuk, keyboard protector malah akan membuat laptop tersebut menjadi lebih panas.

2. Jauhkan Makanan dan Minuman dari Laptop

Jangan membiasakan menaruh minuman atau makanan di dekat laptop karena ada kemungkinan minuman atau makanan tersebut dapat tumpah, mengenai laptop dan menimbulkan konsleting. Untuk yang satu ini bukan hanya akan memengaruhi keyboardnya, tetapi keseluruhan laptop.

3.  Kurangi Bermain Game dengan Laptop

Minimalisir bermain game dengan menggunakan keyboard laptop. Dalam sebuah game biasanya hanya tombol-tombol tertentu saja yang ditekan. Belum lagi kadang-kadang kita menekan tombol terlalu kencang dan dengan repetisi yang ekstrim saat bermain game. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sebagian pada keyboard laptop Anda. Untuk bermain game lebih baik membeli input device tambahan, seperti keyboard external atau joystick.Walaupun yang Anda gunakan adalah laptop khusus gaming, tidak semua keyboardnya memiliki desain dan ketahanan sebaik keyboard gaming biasa.

4. Bersihkan Keyboard secara Berkala

Debu/kotoran pada laptop perlu dibersihkan secara berkala karena debu merupakan isolator yang bisa menghambat aliran listrik pada rangkaian listrik, menghalangi slot-slot tombol keyboard (membuat sering macet), dan menghambat pembuangan panas laptop. Untuk debu/kotoran yang menempel pada tombol-tombol keyboard, gunakan lap untuk membersihkannya. Untuk debu yang berada di sela-sela keyboard, kita dapat menggunakan vaccum cleaner kecil untuk menyedotnya keluar atau kuas kecil untuk menyapu debunya agar keluar dari sela-sela.

semoga bermanfaat🙂